Inilah Beberapa Manfaat dari Tanaman Singkong

Singkong merupakan perdu tahunan tropika dan subtropika yang termasuk suku Euphorbiaceae. Jamak orang menyebut lain untuk singkong (nama latin: Manihot utilissima) dengan ketela pohon atau ubi kayu.

Tanaman singkong lazim menghasilkan umbi bahkan populer menjadi makanan pokok yang kaya akan karbohidrat serta daunnya oleh rumah masakan Padang selalu menjadi sayuran.

Tahukah Anda? Singkong juga dikenal sebagai makanan pokok untuk separuh penduduk dunia, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah dengan iklim tropis, sebut saja; Amerika Selatan, Afrika serta Asia.

Produk UMKM Kabupaten Bandung: Keripik Peuyeum Maranti

Inilah Beberapa Manfaat dari Tanaman Singkong

Kembali pada pembahasan inti dari artikel kali ini, ada banyak manfaat yang terkandung dari singkong. Salah satunya nutrisi, seperti; karbohidrat, protein, serat, mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium, vitamin (A dan C) serta air. Tentunya dengan adanya kandungan nutrisi yang beragam seperti yang disebutkan pada paragraf di atas membuat singkong dinilai bermanfaat untuk Kesehatan.

Menambah energi

Tanaman Singkong kandungan kalorinya terbilang cukup tinggi. Per 100 gram singkong terdapat 110 hingga 150 kandungan kalori. Jumlah kalori tersebut lebih banyak dibandingkan kalori pada jenis umbi lain, kentang dan ubi –misalnya. Karena itulah apabila seseorang yang mengonsumsi singkong maka dirinya akan mendapatkan energi berlebih ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Merupakan sumber serat dan karbohidrat kompleks

Selain singkong mengandung kalori, tanaman umbi ini pun kaya akan karbohidrat kompleks serta serat yang berfungsi untuk:

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan,
  2. Mengurangi peradangan, dan
  3. Mengendalikan kadar gula darah.

Perlu diingat, jika kadar gula darah terkendali, maka setiap orang yang mengkonsumsi singkong akan terhindar dari resiko diabetes tipe 2 serta obesitas.

Singkong memiliki kandungan antioksidan yang baik

Vitamin yang terdapat pada singkong antara lain; kandungan vitamin C, vitamin A serta beta-karoten. Vitamin C dan vitamin A adalah antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung termasuk mengatasi kerutan pada kulit.

Adapun beta-karoten berguna meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kambuhnya gejala asma, mengurangi risiko kanker dan baik untuk kesehatan kulit serta mata.

Kandungan nutrisi pada singkong mampu mencegah jamak penyakit mata, semisal katarak dan degenerasi makula karena usia. Singkong pun disinyalir bisa menjadi obat alternatif saat orang mengalami kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan serta menginduksi persalinan.

Keripik Peuyeum Maranti bisa dipesan online di Kios Cemilanku
Keripik Peuyeum Maranti bisa dipesan online di Kios Cemilanku

Di era moderen seperti sekarang, tidak jarang orang memiliki kreatifitas saat mengolah cemilan. Termasuk cemilan berbahan singkong yaitu keripik peuyeum — Anda bisa membaca tentang Produk Tersebut pada halaman Keripik Peuyeum Maranti.

Inilah Beberapa Manfaat dari Tanaman Singkong
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X